Pages

A. SEJARAH PENEMUAN FOTOSINTESIS

Pada awalnya,orang menganggap akar "memakan" tanah,seperti yang dikemukakan oleh oarang bule yang bernama Aristoteles.Tumbuhan hijau meper oleh zat makanan dari dari dalam tanah,yang berasal dari perombakan organisme yang mati.bahan yg dapat diserap oleh akar tumbuhan hijau dilakukan oleh mikroorganisme.Konsep fotosintetis dimulai pada abad ke-17 saat Jan van Helmont menyatakan bahwa pertumbuhan tumbuhan disebabkan oleh air bukan tanah.
Pada tahun 1772,Joseph Priestley melakukan penilitian menyimpulkan bahwa tumbuhan mengubah udara yg dikeluarkan hewan udara segar.
Pada tahun 1779, Jan Ingenhousz membuktikan bahwa pada fotosintetis dilepannya oksigen.
Jean Senebier 1782 menyebutkan bahwa gas yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintetis adalah karbon dioksida.Pada thun 1842,Julius Robert Mayer menyatakan bahwa energi matahari yang diserap oleh tumbuhan hijau selanjutnya diubah menjadi energi kimia.
Julius Von Sachs 1860 membuktikan bahwa pada fotosintetis akan terbentuk karbohidrat karbohidrat.Frederick Blackman 1905 menunjukkan bahwa pada proses fotosintetis terjadi reaksi gelap yg tidak membutuhkan cahaya.Robert Hill 1937 berhasil menikuti kegiatan kloroplas yang telah dipisahkan dari sel hidup.Kloroplas itu jika disinari mampu menghasilkan oksigen.
(penerbit buku(biologi):erlangga)
by: nur emiyati .w. kel.4

0 komentar:

Posting Komentar