Pages

A.Tujuh Bahan Pokok Makanan Sehat

Kita telah mengenal empat sehat lima sempurna. Selain itu, terdapay pula pengelompokkan bahan makanan yang lebih rinci. Ada tujuh kelompok makanan yang dapat dipilih untuk menyusun makanan.setiap kelompok makanantersebut mengandung bahan makanan yang diperlukan tubuh. Berikut diuraikan ketujuh kelompok bahan makanan itu:
a. Kelompok I adalah berbagai macam sayuran berwarna hijau dan kuning,sayuran tersebut mengandung vitamin A, mineral, besi, kalsium dan kalium.
b. Kelompok II adalah berbagai macam buah-buahhan yang berair dan berwarna,buah-buahhan tersebut banyak mengandung vitamin C.
c. Kelompok III adalah berbagai buah-buahhan dan umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin A dan C, mineral dan gula.contohnya kentang yang menjadi sumber karbohidrat dan mineral.
d. Kelompok IV adalah susu atau bahan makanan yang terbuat dari susu, misalnya keju. Susu sapi mengandung karbohidrat, lemak, protein, zat kapur fosforus, seta beberapa vitamin A, B1, dan B2.
e. Kelompok V adalah daging (sapi, ayam, ikan), telur, dan kacang-kacangan. Bahan tersebut mengandung protein hewani. Protein tumbuh-tumbuhan dapat diperoleh dari kacang-kacangan. Makanan tersebut juga mengandung lemak, vitamin B, dan zat besi.
f. Kelompok VI adalah beras, jagung, tepung terigu, ketela, kentang, roti, dan sagu. Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin B (pada kulit ari beras).
g. Kelompok VII adalah makanan yang mengandung minyak, misalnya minyak kelapa, mentega, margarin, kacang tanah, wijen, dan gajih. Mentega terbuat dari lemak susu ; sedangkan margarin terbuat dari minyak tumbuhan, misalnya minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak dari biji kapas, atau bunga matahari. Selain sebagai sumber energi, lemak juga merupakn bahan pelarut vitamin A, D, E, dan K.

Diperoleh dari: biolagi ktsp 2006
by: NUR EMIYATI .E.

0 komentar:

Posting Komentar