Pages

Kenapa Sich Kita Ketawa ?



Kata orang neh... ketawa bikin kita nggak stress. Ketawa juga katanya bikin kita awet muda. Temen-temen dah pada tau gak ketawa itu penyebabnya apaa ? N dari mana sih ketawa itu berasal ?. Pasti pada bingung neh. Karena ketawa tuh sering kita alamin n kita ndiri gak nyadar tuh ketawa asal muasalnya dari mana.

Hehehe... sebenrnya dari usia 4 bulan kita tuh udah bisa ketawa lagi. Karena di usia itu cara interaksi kita ama orang sekitar tuh cuman ketawan n nangis doank. Menurut Robert R. Provine, seorang ahli Psikologi Klinis, ketawa and humor tuh gak dipisahkan my bro. Walaupun gak semua tawa ntuh dikarenakan joke or humor.

Proses Tertawa
Proses tertawa dibagi dua nih, gerakan ama suara. Jadi, sewaktu kita menemukan obyek yang lucu, entah dari mata or telinga, sensor yang ada di otak nih langsung ngerespon n nyalurin ke sel neural(waduh apaan lagi neh) . Lalu, sel tersebut ngerangsang 15 oto muka, dan otot2 tersebut melakukan kontak ke zygomatic major muscle(mekanisme saluran pengangkat yang ada di bawah bibir)

Dan zygomatic akan menggerakkan mulut kita ngebuka n nutup, dan di tempat laen, epiglotis(katup napas) akan menutup setengah larynx(kotak suara). N oksigen yang masuk dari proses tersebut mengeluarkan suara. Nah, suara itulah yang disebut dengan TERTAWA. Bila kita berada di keadaan tertawa yang ekstrim, saluran air mata secara otomatis akan terbuka. Makanya, ada air mata yang keluar tuh waktu kita ketawa.

Ketawa merupakan perbuatan sosial yang gampang banget menular. Kita bisa tertawa terhadap suara tawa itu sendiri. Dan kenyataannya kita sering tertawa pada diri kita sendiri.

Secara fisik, tertawa bisa bikin efek bagus buat tubuh. Karena tertawa, merendahkan tekanan darah dengan cara meningkatkan oxigen pad pembuluh darah. Jadi tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Betul nggak ?



by_Giffari Zakawaly
sumber_http://www.cumancerita.com/kenapa-sich-kita-ketawa-/32/

0 komentar:

Posting Komentar