Pages

Air Liur


Meludah sembarangan, tak enak dilihatnya! Foto: adsoftworld.com
Beberapa orang memang terbiasa membuang ludah di sembarang tempat. Selain tak sedap dipandang mata, kebiasaan meludah ternyata juga merugikan.
Meludah itu artinya sama dengan membuang alat pertahanan tubuh dan sudah menyebarkan banyak kuman.
Prof drg Edi Hartini Sundoro, SpKG menjelaskan bahwa air liur itu sangat berguna, lho! Di dalam mulut kita, air liur diproduksi setiap saat oleh tiga kelenjar utama yaitukelenjar parotis, kelenjar sublingual, 
dan kelenjar submandibula .
Produksi air liur di dalam tubuh kita. Ilustrasi: kliksehat.com
Air yang satu ini banyak manfaatnya. Pertama , air liur itu berfungsi sebagai alat bantu pencernakan makanan. Ketika makanan masuk ke mulut, air liur yang membasahi makanan dan membantu kita mengunyah dan menelan makanan.
Kedua , air liur adalah salah satu alat pertahanan tubuh yang ampuh. Misalnya saja, bayi yang biasa memasukkan benda asing ke dalam mulutnya, tetap bisa sehat karena air liur mengandung antibodi protein yang menghancurkan bakteri.
Ih, jijik! Meludah sembarangan. Foto:blogspot.com
Rongga mulut kita berisi bakteri yang dengan mudah merusak jaringan dan menimbulkan gigi berlubang.Namun aliran air liur membantu menghancurkan bakteri-bakteri itu. Nah, ketika air liur menurun produksinya, maka gigi akan mudah rusak. Hal ini ada kaitannya dengan alasan mengapa kita harus mengosok gigi sebelum tidur.
Manfaat VS Penyakit 
Meski banyak manfaatnya, air liur juga mengandung kuman. Banyak kuman penyakit yang menyebar dari air ludah atau air liur si penderita. Makanya, jangan meludah sembarangan. Karena ketika membuang ludah berarti kita sudah menyebarkan banyak kuman.
Tahukah Kamu? 
Meski banyak manfaatnya, air liur juga mengandung banyak kuman. Satu tetes air liur mengandung satu juta kuman lho!
Saat tertidur, jumlah bakteri di dalam mulut bertambah hingga dua kali lipat, sementara produksi air ludah yang isinya zat-zat penting untuk pertahanan gigi menurun.

_hanny zaskia ramadhany_

0 komentar:

Posting Komentar